tips beli tanah kavling

7 Tips Beli Tanah Kavling agar Tidak Menyesal

Posted on

Sedang berencana membangun rumah? Atau berinvestasi di bidang properti? Mencari informasi lewat tips beli tanah kavling bakal membantu Anda menemukan tanah yang bukan hanya bagus, tapi juga legal dan menguntungkan di kemudian hari.

Sebelum mempelajari tips beli tanah kavling, mari kita pelajari dulu pengertian dan jenis-jenisnya. Secara garis besar kavling adalah tanah petak dengan ukuran tertentu yang akan digunakan untuk membangun rumah. Membuat kavling di kompleks perumahan terbilang sulit, apalagi kalau bentuknya sama. Maka dari itu Anda perlu mengetahui jenis-jenisnya sebelum menerapkan tips beli tanah kavling.

  • Cul de sac lot. Kata ini berasal dari bahasa Perancis yang berarti jalan buntu. Bagian depannya sempit, lalu melebar ke belakang. Jenis kavling ini yang paling memadai buat ditempati;

  • Interior lot. Jenis kavling yang satu ini umum dijumpai pada cluster dan berada di tengah deretan dalam satu blok. Cocok bagi Anda yang ingin membangun rumah yang jauh dari kebisingan;

  • T intersection lot. Dikenal juga sebagai ‘tusuk sate’ di Indonesia, jenis kavling ini dihindari orang-orang yang mempercayai feng shui, tetapi masih punya kelebihan seperti muka rumah yang luas;

  • Cornet lot. Dalam tips beli kavling, corner lot ditawarkan bagi mereka yang membutuhkan tanah yang lebih luas dibandingkan kavling interior dan mempunyai dua muka atau pintu masuk;

  • Key lot. Seperti namanya, tipe kavling ini tampak ‘mengunci’ kavling-kavling di sekitarnya karena berada di tengah kavling lain. Key lot juga dikenal akan area parkirnya yang luas;

  • Flag lot. Jenis kavling terakhir yang dapat dipertimbangkan dalam tips beli tanah kavling adalah flag lot. Bentunya yang menyerupai huruf L sering kali membuatnya dijuluki kavling bendera.

 

tips beli tanah kavling

Apa saja yang harus diperhatikan sebelum beli tanah kavling?

Setelah mengenal jenis-jenis kavling, akan lebih mudah buat Anda menerapkan tips beli tanah kavling. Setidaknya ada tujuh hal yang harus diperhatikan, antara lain:

  1. Cek sertifikat yang akan diterima

Sertifikat tanah menjadi prioritas yang harus Anda perhatikan saat hendak membeli tanah kavling. Apa tanah yang diincar masih berupa Hak Guna Bangunan (HGB) atau sudah menjadi Sertifikat Hak Milk (SHM)? Dalam tips tanah kavling ini, tanyakan siapa yang menanggung dana peningkatan hak ke SHM apabila statusnya masih HGB. Jadi, Anda bisa mengatur anggaran yang nantinya dikeluarkan.

  1. Mengenali peruntukan tanah kavling

Peruntukan atau tata guna tanah biasanya dilakukan untuk merancang pemakaian atau pembagian lahan untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu. Pada tips beli tanah ini, Anda harus tahu dulu tujuan kepemilikan kavling tersebut. Apakah untuk dijadikan rumah atau properti buat berinvestasi? Anda juga harus memastikan batas tanah dan menyesuaikannya dengan luas yang dijelaskan penjual.

  1. Menelusuri asal muasal tanah

Harga miring kadang bikin orang-orang langsung menyepakati pembelian kavling. Sementara salah satu tips beli kavling yang harus Anda perhatikan adalah menelusuri asal muasalnya. Jangan nekat beli kavling yang dulunya adalah tempat pembuangan sampah, kuburan, atau rumah ibadah. Cari segera latar belakang kavling yang sudah diratakan di kantor kelurahan atau kecamatan yang menaunginya.

  1. Periksa keadaan menuju lokasi

Akses menuju lokasi kavling adalah tips beli kavling berikutnya yang perlu Anda lakukan. Tanpa mempertimbangkan hal ini, Anda dijamin bakal kerepotan saat mengetahui kondisi jalannya tidak mulus atau sulit dilalui kendaraan. Jika bujet Anda cukup besar, sebaiknya pilih tanah kavling yang dekat dengan jalan utama/raya supaya Anda mudah keluar-masuk properti.

  1. Memantau perkembangan lingkungan

Pada tips beli tanah kavlling yang satu ini, Anda harus memantau apakah rumah-rumah di sekitar lingkungan kavling cepat laku atau tidak. Ada kalanya kavling laku yang sayangnya tak kunjung digarap pemiliknya. Hindari jenis kavling seperti itu dan pastikan hunian Anda tak dibangun di sana karena bakal menciptakan masalah di kemudian hari.

  1. Kenali keuntungan beli tanah kavling

Dalam tips beli kavling ini, mengenali keuntungan akan membantu Anda meyakinkan diri untuk memiliki kavling. Beberapa kelebihan yang akan Anda peroleh mencakup nilai jual dan investasi yang relatif tinggi, harga terjangkau, dan aksesnya yang mudah ditempuh. Bahkan dari segi infrastruktur pun tanah kavling memberikan kemudahan yang menjanjikan.

  1. Sesuaikan dengan anggaran keuangan

Hal terakhir yang harus Anda perhitungkan pastinya anggaran yang akan dikeluarkan. Dalam tips beli kavling ini, Anda perlu memperkirakan dulu durasi kredit tanah kavling yang akan ditempuh. Para penyedia tanah kavling tak mau ambil risiko kalau Anda berhenti di tengah jalan. Jadi pastikan juga kondisi finansial Anda stabil untuk beberapa tahun ke depan.

Semoga tips beli tanah kavling ini membantu Anda menemukan kavling yang sesuai!

Klik disini untuk informasi tentang list properti syariah Bogor

tips beli tanah kavling

Bagikan info ini kepada saudara anda
Gravatar Image
FarisJuragan, atau biasa disapa dengan panggilan Faris, adalah seorang marketing properti syariah yang memasarkan properti khusus untuk wilayah Bogor. Saat ini Faris sedang fokus memasarkan satu produk properti yaitu Kavling Produktif Syariah Kebun Ucok Durian Kebun Ucok Durian adalah kavling produktif yang menawarkan kepemilikan lahan sekaligus pohon Durian yang bisa dipetik hasil panennya oleh pemilik kavling tanpa harus repot untuk mengurus kebunnya. Ingin tau lebih detail tentang Kebun Ucok Durian? silahkan kunjungi link berikut www.KebunDurian.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *