properti syariah bogor

Mengenal Perumahan Syariah dan Properti Syariah Yang Sedang Tren (Part 1/2)

Posted on

Pasti Anda sudah pernah dengar bukan yang namanya properti atau perumahan syariah? Dimana properti syariah ini memang sedang naik daun dan banyak penduduk Indonesia yang memilih ini dalam menentukan properti idaman mereka. Sebab dengan adanya hal ini para mereka yang beragama Islam bisa mendapatkan rumah hunian ataupun perumahan syariah yang memang sesuai dengan syariah Islam. Nah, bagi Anda yang memang masih belum paham dengan masalah ini khususnya untuk properti atau perumahan syariah maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa melihatnya seperti dibawah ini.

Penjelasan dan Pengertian Properti Syariah

Mungkin saat ini ada banyak orang yang memang menganggap bahwa properti syariaah tersebut adalah sejenis properti yang ditawarkan oleh developer dalam bentuk seperti perumahan yang memang hannya diperuntukkan kepada masyarakat yang beragam Islam saja. Namun, hal seperti ini merupakan salah besar, karena konsep syariah ini bisa dimiliki oleh siapa saja. Jadi, properti atau perumahan syariah ini memang pada dasarnya tidak hanya diperuntukkan kepada masyarakat yang beragam Islam saja melainkan untuk masyarakat yang non muslim yang ingin memiliki properti perumahan seperti ini juga bisa didapatkan dengan mudah.

Jika dilihat lagi secara umum maka pengertian dari properti syariah adalah sejenis properti yang memiliki sistem transaksinya sesuai dengan ajaran syariah Islam. Jadi, properti syariah atau KPR Syariah merupakan skema kepemilikan hunian ataupun perumahan yang nantinya menggunakan akad-akad yang memang sesuai dengan ketentuan-ketentuan syariah Islam. Jadi, dalam hal seperti ini dapat disimpulkan pula bahwa KPR Syariah ini memang bukanlah suatu konsep hunian yang ada di perumahan yang hanya dikhususkan langsung untuk para pihak muslim saja dengan bentuk perumahan yang terdapat masjidnya, pengajian, sekolah tahfidznya dan lainnya. Namun, hal ini hanya lebih kepada langkah dan prosesnya saja yang dilakukan dengan secara syariah Islam.

properti syariah bogor

Ciri Khas Properti Syariah

Nah, sebelumnya Anda sudah melihat sedikit informasi bukan seperti diatas mengenai apa itu properti syarih. Jadi, jika melihat lagi mengenai kondisi seperti ini khususnya untuk properti atau perumahan syariah. Dimana ini memang lebih menekankan langsung pada skema kepemilikannya. Ada dua poin utama yang bisa Anda lihat langsung mengenai hal ini yang dapat membedakan properti atau perumahan syariah dengan properti konvensional lainnya, diantaranya yaitu mengenai aspek akad dan juga skema bisnis.

  1. Akad Jual Beli

Di dalam properti syariah, para konsumen nantinya bisa dengan langsung untuk membeli rumah pada pihak developer ataupun bisa tanpa adanya pihak ketiga yaitu seperti bank yang menjadi perantaranya. Namun, sedangkan untuk skema kepemilikan properti yang konvensional tentu pada biasanya harus terdapat pihak ketiga yakni bank konvensional yang nantinya menjadi perantaranya. Jadi, dapat disimpulkan pula bahwa transaksi yang terlibat di dalam kepemilikan properti ataupun perumahan syariah ini merupakan murni transaksi bisnis jual beli yang dilakukan dengan secara kredit maupun cash antara developer dan pembeli .

  1. Skema Bisnis Sesuai Syariah Islam

Instrumen yang digunakan dalam pembangunan properti perumahan ini yang dilakukan oleh para developer ataupun pengembang property syariah tentu lebih dikenal dengan sebutan seperti Isthisna’ yaitu skema pesan bangun. Nah, apabila memang Anda tertarik dengan perumahan syariah ini dan ingin memilikinya maka nantinya Anda harus bisa memesan terlebih dahulu serta Anda harus melakukan prosedur transaksi pembayaran untuk properti syariah baik itu dalam bentuk tunai ataupun kredit. Jika sudah, nantinya pihak delevoper baru bisa melakukan pembangunan untuk rumah Anda.  Selain itu, dalam menjalankan proyek pembangunan seperti ini pihak developer tidak meminta bantuan kepada pihak ketiga sebagai penyedia modal. Jadi, skema bisnis ishtishna ini memang diperbolehkan untuk dijalankan didalam syariah Islam, karena ini juga sama seperti skema bisnis murabahah, salaam dan lainnya.

  1. Pembangun Perumahan Syariah Bersifat Indent

Nah, pengertian yang memang telah dijelaskan seperti di atas maka dapat disimpulkan pula bahwa dalam pengertian dari properti syariah yaitu ketika pada saat konsumen hendak membeli rumah hunian tersebut di perumahan syariah, maka nantinya rumah tersebut akan bersifat inden. Jadi, rumah tersebut nantinya tidak bisa langsung jadi. Namun, cara seperti ini tentunya akan bisa memiliki keuntungan tersendiri yaitu adanya fasilitas untuk konsumen dalam melakukan customize dengan desain rumah yang diinginkan.

Oleh karena itu, tidak semua pihak developer properti syariah dapat menerapkan isthisna’, sebab ada beberapa developer lainnya yang memang telah menyediakan properti perumahan syariah yang bersifat ready stock sehingga para konsumen bisa langsung melihat dan tidak perlu menunggu pembangunan lagi.

Skema Properti Syariah Yang Diterapkan

Properti syariah ini memang lagi menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat terlebih lagu mengusung tema atau konsep syariat Islam. Jadi, properti atau perumahan syariah ini bisa menjadikan pula sebagai pilihan yang tepat untuk Anda pilih, khususnya bagi Anda yang ingin memiliki rumah hunian pribadi. Tak hanya itu saja, dialam hal ini ada skema jualbeli dalam properti atau perumahan syariah yang diterapkan yang perlu Anda ketahui yaitu seperti :

  1. Transaksi Murni Jual Beli Tunai Maupun Kredit

Secara sederhana, dimana skema properti atau perumahan syariah ini dapat dijelaskan langsung melalui proses transaksi dengan pembelian rumah kepada pihak developer atau pengembang. Nah, ada poin yang penting dalam hal ini yaitu tanpa ada campur tangan pihak ketiga dalam proses pembelian rumah atau properti tersebut. Sebab hal ini murni transaksi jual beli antara penjual dan pembeli dengan cara tunai ataupun kredit.

  1. Harga Jual Tetap dan Tidak Berubah-ubah Sejak Awal Akad

Pada saat melakukan perjanjian atau disebut juga dengan akad, maka pada awal akan disepakati satu harga yang telah dipilih oleh developer dan konsumen mengenai sebuah rumah hunian. Jadi, beberapa hal tersebut yang akan mencangkup adalah uang tunai ataupun uang cicilan. Tak hanya itu saja, nantinya juga akan dicantumkan jangka waktu cicilan sesuai yang telah disepakati bersama, baik itu 5 tahun, 10 tahun hingga 15 tahun. Nah, pada saat itu seluruh syarat dan hal-hal lainnya memang harus disampaikan dengan jelas pada saat perjanjian pada awal kesepakatan sehingga semua proses bisa dijalankan dengan baik.

  1. Nominal Cicilan Rumah Bersifat Tetap

Inilah salah satu kelebihan dari konsep syariah yang ditawarkan yaitu terletak di jumlah cicilan dengan nilai nominalnya tetap dan tidak akan berubah sekalipun terlebih lagi suku bunga yang ditetapkan oleh BI berubah serta kondisi ekonominya berfluktuasi. Jadi, nantinya pihak developer pun tidak akan memberikan Anda denda ataupun penyitaan rumah sebagai konsekuensinya, terlebih lagi pada saat pihak konsumen tidak mampu membayar cicilan rumah yang dikarenakan suatu hal ataupun hal-hal yang lainnya.

Kesimpulan

Oleh karena itu, pihak developer akan memberikan kemudahan untuk pihak konsumen dengan syarat yakni pada saat berada pada kondisi tersebut, dimana pihak konsumen bisa dan wajib harus memberi tahukan kepada pihak developer dengan secara jujur mengenai permasalahan yang sedang dihadapi sehingga pihak developer properti syariah nantinya bisa memberikan kebijakan yang terbaik untuk kedua belah pihak yang terkait tanpa harus merugikan kedua belah pihak, baik itu dengan pengenaan denda ataupun pinalti.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan rumah hunian syariah dengan cara yang aman, sehat dan sesuai dengan aturan Islam maka sistem perumahan syariah bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda pilih. Tak hanya itu saja, pihak developer juga membuat dengan konsep syariah yang memang mengusung ‘bebas’ tanpa riba bunga bank, penyitaan, denda dan hal lainnya. Oleh karena itu, saat ini sudah banyak pihak developer properti syariah uang menyediakan layanan properti seperti ini yang bisa Anda pilih sebagai tempat hunian dimasa depan.

Lanjut ke part 2 klik disini

Perumahan Syariah Bogor Ciomas Dekat Stasiun KRL Bogor Kota (1)

 

Bagikan info ini kepada saudara anda
Gravatar Image
FarisJuragan, atau biasa disapa dengan panggilan Faris, adalah seorang marketing properti syariah yang memasarkan properti khusus untuk wilayah Bogor. Saat ini Faris sedang fokus memasarkan satu produk properti yaitu Kavling Produktif Syariah Kebun Ucok Durian Kebun Ucok Durian adalah kavling produktif yang menawarkan kepemilikan lahan sekaligus pohon Durian yang bisa dipetik hasil panennya oleh pemilik kavling tanpa harus repot untuk mengurus kebunnya. Ingin tau lebih detail tentang Kebun Ucok Durian? silahkan kunjungi link berikut www.KebunDurian.net

One thought on “Mengenal Perumahan Syariah dan Properti Syariah Yang Sedang Tren (Part 1/2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *