Mengenal Perumahan Syariah dan Properti Syariah Yang Sedang Tren (Part 2/2)

Posted on

Gaya hidup syariah memang saat ini sedang tren di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya banyak developer atau pengembang properti menghadirkan beragam pilihan properti tentunya berbasis syariah sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Tak hanya itu saja, dengan hadirnya properti atau perumahan syariah ini tentu membuat masyarakat khususnya masyarakat muslim bisa merasa lebih aman untuk membelinya, sebab ini dapat menghindarkan dari riba yang memang sangat dilarang dalam ajaran Islam. Selain itu, properti syariah ini juga membawa keuntungan tersendiri yaitu nominal cicilannya tidak pernah berubah. Nah, apakah Anda tertarik dengan perumahan syariah ini? Yuk, langsung saja Anda lihat seperti di bawah ini informasinya.

Keuntungan dan Kelebihan Perumahan Syariah

Informasi yang pertama ini yaitu mengenai keuntungan syariah yang didapatkan oleh Anda sebagai konsumen yang ditawarkan oleh pihak developer atau pengembang properti syariah yaitu keadilan dan kemudahan. Jadi, nantinya pihak developer ini akan menerapkan sebuah skema tanpa adanya sitaan ataupun tanpa adanya denda. Oleh karena itu, apabila nantinya pihak konsumen tidak dapat membayar cicilan yang telah ditetapkan per bulannya karena memang terjadi suatu hal, maka pihak konsumen tidak akan dikenakan pinalti ataupun denda. Namun, pada saat Anda berada di kondisi seperti itu maka pastikan pula untuk memberitahukan kepada developer sehingga pihak developer bisa memberikan kebijakan dan solusi yang terbaik mengenai permasalahan ini tanpa merugikan kedua belah pihak. Untuk itu, dengan adanya cara yang adil dan juga mudah seperti ini yang diterapkan tentu pihak konsumen nantinya tidak akan dikenakan denda ataupun pinalti dalam bentuk apapun pada saat konsumen telat membayar.

mengenal perumahan syariah

Selain itu, pihak developer atau pengembang properti syariah juga tidak akan menyita properti Anda terlebih lagi pada saat Anda tidak mampu melanjutkan cicilan ataupun melunasi cicilan tersebut. Oleh sebab itu, pihak developer nantinya akan mencari sebuah solusi yang tepat dan terbaik untuk kedua belah pihak sehingga permasalahan tersebut bisa diatasi secara bersamaan. Jadi, paada saat pihak konsumen memang sudah tidak mampu melunasi cicilan tersebut maka kedua belah pihak antara developer dan konsumen akan duduk bersama dan mencari solusi yang tepat untuk permasalahan ini. Biasanya salah satu solusi yang memang sering diakukan yaitu pihak developer sendiri akan meminta pembeli tersebut untuk membantu proses penjualan untuk rumah-rumah yang lainnya. Dimana dalam arti ini konsumen tersebut harus bisa membantu untuk melakukan promosi ataupun menjadi seorang agen properti atau perumahan syariah sehingga bisa mendapatkan fee serta selanjutnya juga perolehan marketing fee yang nantinya bisa digunakan pula untuk membantu membayar cicilan rumah tersebut.

Namun, tak hanya itu saja, ada solusi yang lainnya yang bisa digunakan sebagai mengatasi permasalahan seperti ini yaitu seperti pihak konsumen tersebut meminta pihak developer untuk menjual rumah yang memang telah mereka beli dan hal ini dilakukan atas keinginan ataupun kemauan pihak konsumen sendiri tanpa adanya paksaan ataupun hal lainnya. Selain itu, pada saat rumah telah berhasil dijual maka hasil penjualan rumah tersebut akan digunakan terlebih dahulu untuk melunasi semua hutang-hutang kepada pihak developer dan memang masih ada yang tersisa maka nantinya duit tersebut akan diserahkan langsung kepada pihak konsumen dan itu memang tetap menjadi hak pihak konsumen.

Jadi, inilah keuntungan dari properti dan perumahan syariah yang bisa disimpulkan tanpa adanya riba, denda, tanpa sita dan juga tanpa bank. Nah, dalam melakukan transaksi pembelian properti syariah maka pihak konsumen bisa membeli secara langsung melalui pihak developer dengan cara cash atau cicilan.

properti syariah bogor ciomas

Konsep Properti Syariah dan Perumahan Syariah

Mengenai properti syariah dan perumahan syariah ini jika dilihat secara umum maka ada 5 konsep properti syariah yang harus Anda ketahui yaitu seperti:

  1. Tanpa Bank

Pihak developer tidak akan melibatkan pihak bank konvensional pada saat proses transaksi akad jual beli mengenai properti syariah tersebut. Dimana nantinya akad jual beli tersebut hanya dilakukan oleh pihak konsumen dan developer saja sebagai penjualnya.

  1. Tanpa Bunga

Berikutnya tanpa bunga. Dimana setiap transaksi yang dilakukan juga bebas bunga, sebab cicilan yang ditawarkan bersifat flat untuk setiap bulannya. Untuk itu, nantinya tidak akan penambahan ataupun pengurangan terlebih lagi jika kondisi ekonomi atau kebijakan suku bunga sedang terjadi masalah. Selain itu, untuk penawaran harga kredit dan cash akan disampaikan nominal harganya pada awal akad perjanjian pada saat jual beli dilakukan.

  1. Tanpa Denda

Selanjutnya juga tanpa denda. Namun, biasanya untuk KPR konvensional tentu akan menerapkan sistem seperti bukan? terlebih lagi jika konsumen telat membayar untuk cicilan rumah. Akan tetapi untuk properti syariah dan perumahan syariah, pihak developer tidak akan memberikan denda kepada konsumen pada saat mereka telat membayar cicilan rumah. Namun, pada saat kondisi seperti ini biasanya pihak developer hanya memberikan surat peringatan yaitu sebagai tanda pengingat akan komitmen untuk membayar cicilan ataupun hutang sesuai dengan tanggal yang telah ditetapkan.

  1. Tanpa Sita

Jika nantinya Anda tidak sanggup melunasi cicilan dan telah menempati rumah tersebut dengan beberapa lama, maka pihak developer juga tidak akan menyita rumah Anda. Namun, sebagai gantinya pihak developer akan memberikan solusi dan kebijakan lainnya untuk mengatasi permasalahan ini seperti yang telah dijelaskan sebelumnya di atas.

  1. Tanpa Akad Bermasalah

Konsep mengenai properti syariah yang terakhir ini merupakan tanpa akad bermasalah. Maksudnya di sini yaitu dimana akad antara developer dan pembeli adalah akad jual beli dengan sifat istishna atau inden apabila unit rumah memang belum tersedia. Selain itu, Anda juga bisa membeli rumah dengan menggunakan akad jual beli dengan sistem kredit apabila unit rumah hunian memang sudah tersedia.

kavling syariah bogor dramaga

Perbedaan Properti Syariah Dengan Properti Konvensional

Dari beberapa penjelasan seperti di atas maka dapat disimpulkan pula bahwa ada perbedaan dari properti syariah dan juga properti konvensional dengan secara umum yang terletak pada beberapa hal, yakni seperti :

  1. Pihak Yang Transaksi

KPR Syariah yaitu terdapat 2 pihak saja pada saat melakukan transaksi yaitu antara developer dan pembeli. Namun untuk Bank Syariah akan terdiri dari 3 belah pihak seperti developer, pembeli dan juga bank sedangkan untuk Bank Konvensional juga sama terdiri 3 pihak seperti antara developer, pembeli dan bank.

  1. Barang Jaminan

KPR Syariah hanya menetapkan bahwa rumah hunian yang nantinya diperjual belikan ataupun kredir tidak akan dijadikan sebagai jaminan. Untuk Bank Syariah dan Bank Konvensional tentu memberikan sebuah kebijakan rumah yang nantinya diperjualbelikan ataupun kredit yang dijadikan sebagai jaminan.

  1. Sistem Denda

Untuk KPR Syariah tentu sudah jelas tidak dikenakan denda pada saat cicilan telat dibayar oleh konsumen. Akan tetapi untuk Bank Syariah dan Bank Konvensional akan dikenakan denda.

  1. Sistem Sita

Untuk perumahan properti syariah tidak ada yang namanya sistem sita terlebih lagi jika konsumen tidak mampu membayar cicilan atau sebagainya, begitu juga dengan Bank Syariah tidak menggunakan sistem sita. Namun, untuk Bank Konvensional tentu akan mengenakan sistem sita tersebut.

  1. Sistem Penalty

KPR Syariah dan Bank Syariah nantinya tidak akan menggunakan atau mengenakan sistem penalty sedangkan untuk Bank Konvensional mengenakan sistem penalty tersebut.

  1. Sistem Asuransi

Selanjutnya yang terakhir yaitu sistem asuransi. Dimana untuk KPR Syariah tidak ada asuransi sedangkan untuk Bank Syariah dan Bank Konvensional akan menggunakan asuransi.

Jadi, itulah ada beberapa informasi detail mengenai properti syariah yang bisa Anda lihat seperti di atas dengan jelas. Semoga bermanfaat!

Klik disini untuk informasi Properti Syariah Bogor lebih lengkap

Bagikan info ini kepada saudara anda
Gravatar Image
FarisJuragan, atau biasa disapa dengan panggilan Faris, adalah seorang marketing properti syariah yang memasarkan properti khusus untuk wilayah Bogor. Saat ini Faris sedang fokus memasarkan satu produk properti yaitu Kavling Produktif Syariah Kebun Ucok Durian Kebun Ucok Durian adalah kavling produktif yang menawarkan kepemilikan lahan sekaligus pohon Durian yang bisa dipetik hasil panennya oleh pemilik kavling tanpa harus repot untuk mengurus kebunnya. Ingin tau lebih detail tentang Kebun Ucok Durian? silahkan kunjungi link berikut www.KebunDurian.net

One thought on “Mengenal Perumahan Syariah dan Properti Syariah Yang Sedang Tren (Part 2/2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *